12 Oktober 2022 4:47 pm

Menjadi Insan yang Pemaaf


Manusia telah ditakdirkan hidup sebagai makhluk sosial. Dalam menjalani kehidupannya, tiap insan membutuhkan orang lain. Ini agar mereka bisa bersosialisasi, hidup berdampingan, dan saling melengkapi.
Dalam aktivitas bersosialisasi, timbulnya berbagai gesekan sosial dan kesalahpahaman niscaya terjadi. Perbedaan watak, karakter, sikap, dan cara pandang kerap menjadi salah satu penyebabnya.
Namun, di saat gesekan tak dapat dielakkan, Islam mengajarkan kita agar lebih bisa menahan diri. Sikap ini juga patut diamalkan sekalipun kesalahan timbul dari pihak lain. Ya, kita dianjurkan menjadi insan pemaaf.
Allah menjanjikan ampunan dan surga bagi insan pemaaf dan menggolongkannya sebagai orang yang bertakwa. Disebutkan dalam sebuah firman-Nya, "Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan" (QS Al Imran: 133-134).


Gamis set Nazef Lengan Panjang Dewasa Putih
Gamis set Nazef Lengan Panjang Dewasa Putih


Rasulullah SAW adalah contoh ideal sosok insan pemaaf. Dalam menjalankan dakwahnya, beliau mengalami banyak kendala, termasuk kekerasan fisik. Salah satu doa beliau, "Ya Allah, ampunilah mereka, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang tidak mengetahui."
Dan, Rasulullah SAW memberikan contoh teladan sebagai insan yang pemaaf. Dalam sebuah kisah disebutkan, beliau memberi maaf seorang musyrik yang selalu menyirami beliau dengan kotoran tiap kali berangkat ke mesjid. Bukan hanya memaafkan, Nabi SAW bahkan menjenguknya ketika ia terbaring sakit dan lemah tak berdaya.
Itulah ajaran luhur Islam yang telah dicontohkan Rasulullah SAW. Memberi maaf bukan hanya menuntut hati yang lapang, namun juga kesabaran tingkat tinggi. Semoga kita dapat meneladani sikap Rasululah SAW dalam kehidupan kita sehari-hari. Aamiin.


Berikut penjelasan Ustadz Khalid Basalamah :













SUMBER : https://www.republika.co.id/berita/q9t4kf458/menjadi-insan-yang-pemaaf
Blog Post Lainnya
Inilah Hikmah Dibalik Cobaan dan Ujian. Saudaraku yang semoga dirahmati oleh Allah … Ketahuilah … Allah Taala akan menguji setiap hamba-Nya dengan berbagai musibah, dengan berbagai hal yang tidak mereka sukai, juga Allah akan menguji
Ikuti Alurnya, dan Nikmati Prosesnya. Allah Tahu Betul Kapan Kamu Harus Bahagia. Allah Subhanahu wa ta'ala, selalu menciptakan segala sesuatunya dengan sempurna, hanya saja kadang kita terlalu gegabah mengeluh disaat sebagian rencana-Nya tidak sesuai dengan apa yang telah kita
Bersikap Lembut Dalam Rumah Tangga. Setiap muslim hendaknya menimbun pahala sebanyak-banyak selama masih hidup di dunia. Berbuat baiklah pada banyak manusia sema-mata hanya untuk mengharap ridha Allah Ta'ala. Karena setiap kebaikan
Social Media
Alamat
0821-2136-9076
khaleedapp@gmail.com
Jl. H. Mughni 5 No. 122 Kel. Jatimekar Kec. Jatiasih Bekasi 17422


Rupawan Pakaiannya, Rupawan Akhlaknya
@2022 Khaleed Apparel Inc.