14 Oktober 2022 1:57 pm

Cara Mengatasi Keluh Kesah


JAZA’ secra bahasa artinya terputus (Maqayisul Lughah, Ibnu Faris 1/453) Menurut istilah, keluh kesah adalah menampakkan sesuatu yang dialami oleh orang yang terkena musibah, berupa kegalauan dan kegundahan. A(Al-Faruq hal.200) Berkata ar Raghib, “Keluh kesah adalah kesedihan yang menyeret seseorang hingga tidak bisa berkonsentrasi, bahkan terputus dari urusannya.” (Al-Mufradat hal. 194-195, at-Taufiq ‘ala Muhimmati at-Ta’rif hal. 125).

Adapun cara untuk mengatasi keluh kesah sebagai berikut:

1. Menguatkan iman , terutama iman terhadap qadha’ dan qadar, sehingga apa pun yang menimpanya, baik musibah dan kenikmatan, jika ia bersabar dan bersyukur maka semuanya bernilai pahala.
2. Berdzikir kepada Allah. Berkata Al-Qurthubi tatkala menafsirkan firman Allah QS. al-Anfal 45. “Ingatlah Allah tatkala hati kalian berkeluh-kesah, karena mengingat-Nya akan membantu untuk tegar di kala musibah menerpa,” (Tafsir Al-Qurthubi 8/23).
3. Tabah dan bersabar atas segala yang menimpa. Berkata Ibnul Qayyim, “Jika seseorang bersabar dan mengharap pahala maka dia membuat ridha Rabbnya, menyenangkan shahabatnya dan menjelekkan musuhnya.” (Zadul Ma’ad 4/192).


Koko Oslo Lengan Pendek Dewasa Abu
Koko Oslo Lengan Pendek Dewasa Abu


4. Mempersiapkan diri untuk menghadapi musibah yang sewaktu-waktu menimpa. Sebagian orang shalih terdahulu tatkala anaknya meninggal, mereka tidak berkeluh kesah seraya berkata, “Hal ini sudah kami persiapkan, sehingga tatkala terjadi, kami pun tidak kaget,” (Al-Kamil, Mubarrid 1/256).
5. Memahami bahwa nikmat apa saja yang Allah berikan kepada seorang hamba di dunia, itu akan mengurangi derajatnya nanti di akhirat, sekali pun ia masuk surga. Berkata Fudhail Ibnu Iyadh. “Tidaklah seorang hamba diberikan suatu nikmat did unia melainkan akan berkurang derajatnya di surga, sekali pun dia adalah orang yang mulia di sisi Allah,”(Hilyatul Auliya 8/88).


Berikut penjelasan Ustadz Hanan Attaki :













SUMBER : https://www.islampos.com/5-cara-atasi-keluh-kesah-34875/
Blog Post Lainnya
Berserah Diri Kepada Allah. Manusia tidak pernah tahu apa yang Allah Subhanahu wa ta'ala rencanakan untuk kehidupannya. Karena ketidaktahuannya inilah, tak heran bila ketika peristiwa buruk menimpa, kadang kita selalu
Bersikap Lembut Dalam Rumah Tangga. Setiap muslim hendaknya menimbun pahala sebanyak-banyak selama masih hidup di dunia. Berbuat baiklah pada banyak manusia sema-mata hanya untuk mengharap ridha Allah Ta'ala. Karena setiap kebaikan
Ikuti Alurnya, dan Nikmati Prosesnya. Allah Tahu Betul Kapan Kamu Harus Bahagia. Allah Subhanahu wa ta'ala, selalu menciptakan segala sesuatunya dengan sempurna, hanya saja kadang kita terlalu gegabah mengeluh disaat sebagian rencana-Nya tidak sesuai dengan apa yang telah kita
Social Media
Alamat
0821-2136-9076
khaleedapp@gmail.com
Jl. H. Mughni 5 No. 122 Kel. Jatimekar Kec. Jatiasih Bekasi 17422


Rupawan Pakaiannya, Rupawan Akhlaknya
@2022 Khaleed Apparel Inc.